Langsung ke konten utama

Tips Berkendara Sepeda Motor yg Asyik dan Aman

Buat yang suka jalan jalan pake motor. Ada beberapa hal penting yg hrs diperhatikan dalam berkendara, agar kamu merasa asyik dan aman...


1. Cek Motor 
Biasanya sih, kalo aku suka ngecek ban motor udah aus belom, soalnya bahaya kalo masih dipake. Kadang ditikungan suka ga stabil gitu, bahkan jadi sering bocor. Ban udah. Selanjutnya ngecek remnya pakem kaga, jangan sampe u baru tau remnya blong pas di turunan ketika lg ngebut. Kemudian hal penting lainnya adalah cek bensin masih cukup ga buat perjalanan jauh. Satu lagi yg penting buat kita nambah PD ialah kita cek apakah motor kita udah terlihat kinclong? Kalo belum ya, mbok, dimandiin dulu, gitu.

2.SIM, STNK, Helm,
Biar di tengah jalan gak BT karena ada operasi zebra, sebaiknya surat-surat berkendara harus selalu dibawa. Kalo kita lengkap kan jadi nyaman dlm berpergian. Ga perlu risau, apalagi sampe ngluarin duit buat nyuap. Mending kalo nyuapin doi. Oh iya helm juga harus dipake ya. Lampu motor juga harus dalam keadaan on.

3.Cari Temen.
Aku pribadi si lebih sering ngajak temen kalo mau berpergian jauh, paling nggak buat temen ngobrol atau penunjuk jalan. Apalagi kalo temen lawan jenis kan pasti gurih-gurih gimana gitu, tapi u harus udah minta izin sama ortunya ya, sebenernya si yang paling benar kalo lawan jenisnya udah halal jadi milik kita.. (Jd kapan nikah?)

4.Siapin Uang Lebih.
Dalam teori ekonomi yg disebutkan oleh Keynes, ada 3 motif memegang uang. Buat Transaksi, jaga-jaga, dan Spekulasi. Nah buat kita yg suka naik motor kemana-mana, siapin tuh uang lebih buat jaga-jaga kalo ban bocor atau ketika ada siluman tukang parkir dll. Jdi jangan sampai ga pake apa-apa y. (G bawa apa-apa mksdny).

5. Izin dan Doa
Terakhir, yg galah pentingnya adalah minta izin kalo mau make motor, n bilang mau kemana. Jangan sampai jadi bahan pencarian. Walaupun hanya motornya yang ditanyain. Kalo orangnya mah, ga pernah dicariin udah pulang sendiri. Doa juga y, jgn lupa biar selamat sampe tujuan dan bisa pulang kembali.

Sekian semoga bermanfaat, kalo ada tambahan, boleh coment kok..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vaksin R081442

Tak ada kata terlambat untuk memulai :)  Malam ini, 8 Ramadhan 1442 atau 20 April 2021 pukul 00.00 aku memulai sesuatu yang lama aku lupakan;  yakni  menulis.  Terakhir kali aku menulis, saat aku masih di Turki,  ketika sedang berkutat dengan hafalan-hafalan kitab klasik nahwu dan sharaf dalam rangka menempuh pendidikan informal yang diselesaikan selama 2 tahun lebih 8 bulan. Saat itu aku menulis mengenai hal-hal yang menjadi keresahan dalam benakku yang aku beri judul "Sampah". Kenapa sampah?  Karena keresahan tersebut ku pikir tidak ada gunanya ketika ditulis. Tapi ku berharap di masa yang akan datang, aku bisa mengambil beberapa pelajaran ataupun bisa memutar kenangan yang mungkin bisa memberikan  trigger  untuk melakukan perbuatan positif yang produktif.  Malam ini aku membaca koran republika yg tanggalnya aku sendiri lupa 😅. Dalam koran tersebut ada beberapa tajuk yang menarik yakni mengenai tokoh Fariduddin Attar seorang penyair kelahiran kota Nisaphur /Naisabur, Iran.

1

Hai kamu.. Gimana kabarnya sehat kah? Sehat memang salah satu nikmat yang kadang manfaatnya baru kita rasakan jikalau kita sakit, jadi yuk jangan lupa bersyukur atas kesehatan kita sampai hari ini. Di indonesia masih musim hujan ya? Eh maksudnya yang bagian pulau jawa. Enak dong bisa menikmati gurihnya makan mendoan dengan ditemani harumnya aroma secangkir kopi hangat, pasti kerasa banget kan kenikmatan suasana hujan itu. Apalagi kalau ditambah dengan berkumpul bersama sahabat, keluarga atau orang tercinta pasti momen hujan akan membuat semuanya menjadi lebih hangat. Apakah kamu masih suka pergi ke sekolah untuk bertemu dengan anak-anak kecil yang selalu membuat mu melupakan setiap keletihanmu, walaupun kamu masih menjadi guru honorer dengan gaji yang pas-pasan, lalu masihkah kamu mendiskusikan para petani dan nelayan yang hidupnya tak kunjung sejahtera padahal lahan dan lautan masih luas, atau masih seeingkah kau mengobrol dengan kawanmu tentang permasalahan SARA yang tidak ada hab