Langsung ke konten utama

Surat untuk Mantan, BiIQis

Yth. Kepada Mantan BiIQis
Di manapun berada.

                Hujan Bulan Juni
Tak ada yang lebih tabah dari hujan bulan Juni
Dirahasiakannya rintik rindunya kepada pohon berbunga itu,
Tak ada yang lebih bijak dari hujan bulan Juni
Dihapuskannya jejak-jejak kakinya yang ragu-ragu di jalan itu
Tak ada yang lebih bijak dari hujan bulan Juni
Dibiarkannya yang tak terucapkan diserap akar pohon bunga itu.
                     Sapardi Djoko Damono

Sehubungan dengan datangnya surat ini, aku ingin memberikan kabar bahwa aku di sini sedang tidak terlalu baik tapi tidak juga buruk. Udara musim dingin belum begitu bersahabat denganku sehingga kadang membuatku merasa kurang nyaman. Ya, walaupun begitu, aku tidak bisa menafikan keindahan hujan saljunya yang memberikan hiburan tersendiri bagiku, karena menurutku hujan salju itu seperti hujan gula kapas yang jatuh dari langit atau seperti tepung yang sedang dituangkan oleh ibuku ketika hendak membuat kue. Semuanya tampak putih terselimuti salju.

Puisinya sudah dibaca kan? Ya, itu menunjukkan keadaanku yang kurang baik karena sedang terkena penyakit kangen. Kepada siapa lagi jika bukan kepadamu. Tidak usah khawatir, karena aku telah mengetahui obatnya. Berdasarkan pengalamanku penyakit ini akan sedikit menurun gejalanya ketika sesekali aku membuka kenangan kita di masa lampau, tapi untuk kali ini ku akui jika diri ini tidak setahan hujan bulan Juni-nya Sapardi Djoko Damono. Aku tidak mengharapkan kau untuk menerima apalagi menanggapi perasaan ini tapi paling tidak aku sudah menyampaikannya.
Cinta bukan diterima atau tdk diterima tapi tentang menympaikan atau tidak sama sekali  (Panji R.)

Oleh karenanya aku menyapamu dengan surat ini.
BiIQis: Bphkadepbir IQtishodi (maksa gak sih, singkatannya?) era mas'ul Dimas SBDY.

Gimana kabarnya kalian sehat-sehatkan? mudah-mudahan selalu dilimpahi kasih sayangNya di manapun kalian berada. Denger-denger kalian sekarang sudah pada tambah cakep cakep nih kesibukannya, subhanallah ya. 


Mulai dari para ladies nya. 
Ka hel kayaknya sering nglihat deh, tapi ka helnya gak nglihat aku, paraaah banget kan. kayaknya lagi kelihatan sibuk gituh. Pernah juga waktu itu aku manggil-manggil. Eh, tapi ka hel diam aja, gak nengok satu senti pun. Akhirnya aku cuma nglike doang, orang nglihatnya di instagram hehe. Sekarang ngajar ya kak, keren ya pada bisa ngajar sekarang, katanya satu sekolah ya sama win rempong, yang sabar ya kak. Oh iya kan kaka udah terbiasa, dulu kadepnya kan ya. Eh kak, Seneng deh kalo lihat kembar bertiga kompakan foto bareng, ka hel, si ag, satu lagi siapa tuh yang kakanya ka hel lupa.

Ka Mir kayaknya lagi sibuk mempersiapkan sesuatu yang besar nih, gak tau apa. Karena biasanya kalo gak sibuk banget suka upload foto sama suami gitu. (Sotoy banget ya aku). Masih ceriwis ya kak?, untung suaminya ka mir sabar, banyak dengerinnya. Coba kalo nggak, bisa rame kaya di gedung L dulu kalo pas rapat, pasti ribut. Eh tapi dulu gak pernah ribut ding. Wah jadi ga enak, ngomongin keluarga orang. Ya cuma mendoakan semoga yang sedang disiapkan atau yang sedang dilaksanan bisa sukses. Salam juga buat suami dari kami.

Ka res masih suka berpetualang yah? Naik gunung sering, ke malang, jogja, kepulauan seribu. Kayaknya lagi muas-muasin yang ada di Indonesia nih, mentang-mentang nanti mau berpetualang sama kangguru atau koala.(eh bener gak sih, tujuannya Australia?). Kapan kak berangkatnya?. Ambil jurusan apa kak? Luar biasa ya, kecil-kecil cabe rawit. Asyik banget ya bisa S2 di luar negeri. Pasti nambah banyak pengalaman yah, pengalaman adalah guru yang terbaik kan? Karena gak pernah ngasih PR. Nanti di sana jangan kelayapan mulu kak, takut ilang ntar. Hihi.

Ka Tri yang biasanya muncul dengan untaian kalamnya yang memikat bagi para insan yang sedang merindukan cahaya sejati. Masih suka nulis status yang masya Allah kan?, ajarin dong kak biar bisa menyentuh gitu. Biar serasa ber-ruh gitu tulisan kita. Ka jaya jaya Masih suka naik gunung juga kak? Eh, maksudnya ka tri. Inget kak udah gak muda lagi, hehe. Nanti encok lho kak. Sekarang katanya lagi sibuk mengajar, asik dah. Ka tri ngjar dmn kak? Anak anaknya ga pernah dicubitin kan kak? Oh iya ajarin satu lagi dong kak biar jadi kaya diri kaka yang Masya Allah gitu, yang selalu sigap dan semangat dalam menjalankan misi apapun. 

Win masih suka heboh sendiri ya, masih suka baperan gak win? Katanya satu sekolahan sama ka hel ya, seneng lah bisa dianterin pulang kalo ongkosnya pas lagi abis. Sekalian aja minta traktiran tiap minggu lah minimal. Nanti win do'ain deh, biar kak hel bisa cepet nyusul kak mir. Kalo win yang ngajar kayaknya suasananya jadi terharu gitu ya, eh tapi sekarang kayaknya udah berubah suaranya, ya gak beda jauh sama ka tri yang berkarakter gitulah suaranya. Masih sering ditunjuk buat jadi seksi acara gak win? Hehe

Dew masih ngajar juga kan, masih suka diam, gak tahu si kalo sama temen deketnya, tapi kayaknya dew orang yang pandai menyimpan ya, tapi gak sampai membohongi diri sendiri kan, jarang ngobrol sih, kita ya. Kayaknya perlu waktu khusus nih buat ngobrol. Nggak ding, becanda. Masih suka nulis juga kan ya, dew. Kayaknya banyak nih koleksi buku bacaannya. Nanti bolehlah pinjem.

Zel gak kabur kan? masih di anambas? wah keren ya, banyak pantai gitu. Zel di kotanya atau di pedalamannya, disana anaknya kaya di laskar pelangi nggak? Kalo ngajar anaknya pada diajak ngobrol kan ze? Ga dijutekin gitu. Masih sering dikira murid smp gak? Katanya pernah dikira murid smp atau sd waktu itu. Wah nanti pengin dengerin pengalamannya zel nih yang udah mengabdi di SM3T. Kayaknya udah bisa menghayati cara mengajar yang baik nih, kaya di film Kungfu Panda. Semangat ya. Asyik kan merantau ze?


Dim yang punya istri baru pasti tiap hari nggombal mulu ya dim, "bapaknya tukang somay ya" dll. Dulu pertama ketemu di acara Forsiar itu ya, aku kira dulu kaka kelas, setelah kenalan ternyata emang bener tua, maksudnya bener kaka kelas tapi masuk di angkatan yang sama. Sering nginep bareng, mulai dari MNI yang gak sedikit nyamuknya, gedung L, terakhir rumah Ger. Dim di Ankara, langitnya masih berwarna biru, sebiru hari ini birunya bagai langit terang benderang, jadi inget, pas kita nyanyi bertiga di UPT Perpus sama Almarhum Arrijal (smg Allah merahmatinya). Sering diundang dulu ya kita buat manggung (padahal cuma 2x kayaknya), sekarang Dim lagi sibuk pulang pergi mulu ya, jaga tuh kesehatan, minum vitamin dan istirahat cukup, eh lupa, sekarang kan sudah udah gak jomblo lagi, ada yang ngurusin ya,(tapi kok belum kurus kurus yak?). Eh sekarang berarti sering ke kebumen ya? nanti kalo pas lagi di kebumen, boleh main kan dim? Deket pantai gak, rumahnya? Salam juga dari kami buat keluarga barunya. Oh iya satu lagi, kapan nih umroh bareng? 

Ger gimana kabarnya nih ikhwan yang punya jiwa seni yang tinggi, dan multitalenta, gambar, maen alat musik, orator, pelawak juga kayaknya. Masih suka ditinggalin ngga pas ente lagi ketawa merem gitu. katanya kemarin masih kerja di kantor konsultan, sukses terus ya tapi jangan lupakan nganu-nya (Kampusnya) ya, cuma ngingetin doang sih, heheh. Kabar orang tua ger sehat-sehat kan,? Kangen waktu ditanya-tanya sama ibundanya ger. Waktu itu ada semua kan ya personelnya? Atau ada yang gak hadir? Kapan kapan nginep di rumah ger lagi lah, boleh kan. Jawabannya harus boleh.


Luar biasa ya kalian, sudah mandiri, bisa mencari penghidupan yang halalan thayiban, menjadi embun pagi bersahaja yang selalu menemani anak didiknya menerima cahaya ilmu. Ada juga yang mau melanjutkan dalam menyelami dalamnya ilmu. Bahkan telah menyempurnakan agamanya dan menjadi manajer di keluarga barunya. 

Salam semangat dan sukses selalu ya, buat kalian, yah walaupun cuma sekedar tulisan, paling nggak bisa membuat kalian mengingat begitu bermanfaatnya kalian dari dulu sampai sekarang. Bermanfaat untuk dijadiin bullyan, tempat ngutang dll. Sama minta semangat dan doanya ya, buat aku yang di sini, lagi sedang merasakan faded-nya Alan Walker nih. 

Komentar

  1. Heloo amin. Amin sehad2 ya di sana. Semoga berlimpah keberkahan selalu. Doain sy yg baik2 ya amin.. maha baik allah yg menakdirkan sy bisa kenal orang seperti amin 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siaap kak jaya, aamiin mksh kak. Nsy Allah kak, kite saling doain aja. Wah, apalgi kk yg sllu all out buat fisabilillah..

      Hapus
  2. Heloo amin. Amin sehad2 ya di sana. Semoga berlimpah keberkahan selalu. Doain sy yg baik2 ya amin.. maha baik allah yg menakdirkan sy bisa kenal orang seperti amin 😂

    BalasHapus
  3. Amin semoga sehat selalu disana. Deway pendiam? Emang bener deh kita perlu waktu khusus untuk ngobrol 😅

    BalasHapus
  4. Wah mksh doanya deway, pendiam kalo lagi tidur. Hahaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vaksin R081442

Tak ada kata terlambat untuk memulai :)  Malam ini, 8 Ramadhan 1442 atau 20 April 2021 pukul 00.00 aku memulai sesuatu yang lama aku lupakan;  yakni  menulis.  Terakhir kali aku menulis, saat aku masih di Turki,  ketika sedang berkutat dengan hafalan-hafalan kitab klasik nahwu dan sharaf dalam rangka menempuh pendidikan informal yang diselesaikan selama 2 tahun lebih 8 bulan. Saat itu aku menulis mengenai hal-hal yang menjadi keresahan dalam benakku yang aku beri judul "Sampah". Kenapa sampah?  Karena keresahan tersebut ku pikir tidak ada gunanya ketika ditulis. Tapi ku berharap di masa yang akan datang, aku bisa mengambil beberapa pelajaran ataupun bisa memutar kenangan yang mungkin bisa memberikan  trigger  untuk melakukan perbuatan positif yang produktif.  Malam ini aku membaca koran republika yg tanggalnya aku sendiri lupa 😅. Dalam koran tersebut ada beberapa tajuk yang menarik yakni mengenai tokoh Fariduddin Attar seorang penyair kelahiran kota Nisaphur /Naisabur, Iran.

1

Hai kamu.. Gimana kabarnya sehat kah? Sehat memang salah satu nikmat yang kadang manfaatnya baru kita rasakan jikalau kita sakit, jadi yuk jangan lupa bersyukur atas kesehatan kita sampai hari ini. Di indonesia masih musim hujan ya? Eh maksudnya yang bagian pulau jawa. Enak dong bisa menikmati gurihnya makan mendoan dengan ditemani harumnya aroma secangkir kopi hangat, pasti kerasa banget kan kenikmatan suasana hujan itu. Apalagi kalau ditambah dengan berkumpul bersama sahabat, keluarga atau orang tercinta pasti momen hujan akan membuat semuanya menjadi lebih hangat. Apakah kamu masih suka pergi ke sekolah untuk bertemu dengan anak-anak kecil yang selalu membuat mu melupakan setiap keletihanmu, walaupun kamu masih menjadi guru honorer dengan gaji yang pas-pasan, lalu masihkah kamu mendiskusikan para petani dan nelayan yang hidupnya tak kunjung sejahtera padahal lahan dan lautan masih luas, atau masih seeingkah kau mengobrol dengan kawanmu tentang permasalahan SARA yang tidak ada hab