Langsung ke konten utama

Organisasi dan 3 keuntungannya

Halo... Para Inovator Bangsa 

Apa Kabarnya... ? Tambah Baik Kan? 

Sudahkah Anda berterimakasih hari ini? 

Berterimakasih untuk hal yang besar maupun hal kecil, semua hal yang setiap detiknya terjadi dengan mekanisme kerja yang sistematis yang dibuat begitu sempurna oleh Sang Pencipta yang tentunya memiliki tujuan disetiap penciptaannya. 

Salah satu mekanisme kompleks yang diciptakan oleh Sang Pencipta adalah mekanisme yang terjadi didalam organ manusia. Diantaranya ada organ pernafasan, peredaran darah, pencernaan dan pembusukan sisa makanan. Setiap organ terdiri dari jaringan-jaringan yang bekerja sesuai tugasnya dengan visi-misi yang telah dibuatnya masing-masing. 

Kemudian Sang Pencipta juga menciptakan manusia yang kemudian manusia tersebut bisa membuat organ, tapi organ disini masih dalam tahap proses, oleh karenanya dinamakan Organisasi. Yaitu suatu proses untuk menjadi organ. Tentunya organ yang baik dan sehat. sudah terimakasih belum? 

Bicara soal Organisasi tentu tidak semua orang memahaminya, namun pasti semua orang telah melakukannya. Misalnya dalam keluarga, kelompok teman sebaya dan masyarakat. Kebanyakan orang telah mengimplementasikan pengertian Organisasi secara luas dengan menjalankan peran-peran tertentu dalam suatu kumpulan, namun pembagian tugas mengenai program kerja disini masih belum jelas terpampang, sehingga setiap orang tidak secara sadar sedang berorganisasi. Organisasi ialah suatu kumpulan orang-orang yang memiliki visi-misi bersama. (menurut Saya) Isinya hanya itu-itu saja, mulai dari ketua, sekretaris, bendahara, kepala biro/departemen/divisi dan staf. Kemudian pasti ada program kerjanya (ya kan?).

Walaupun terkesan monoton dalam segi struktural, namun dinamika yang terjadi didalamnya tidak sesederhana itu. Banyak karya, kesan dan kenangan yang terbentuk dalam menjalankan suatu Organisasi. Misalnya Organisasi yang telah saya ikuti mulai dari himpunan mahasiswa jurusan, forum beasiswa, Organisasi kerohanian dan suatu pondok pesantren yang menjadi asrama tempat tinggal saya. Dari banyaknya manfaat yang diperoleh dalam berorganisasi, saya akan mengomentari tiga diantaranya yaitu: Update, Jaringan Luas dan Memori berharga.


1. Update 
Saya masih ingat sekali sewaktu saya masih mengikuti Organisasi himpunan jurusan, saya dituntut untuk tahu banyak hal sekaligus tahu mengenai info-info teraktual setiap harinya. Info dari dekanat, BEM fakultas maupun Universitas sampai isu-isu sosial yang berkembang pada saat itu. Lalu hampir 25 % waktu yang saya miliki digunakan untuk berdiskusi dalam rangka menjalankan program kerja yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat pada saat itu, sehingga tidak diragukan jika ada teman-teman yang bertanya kepada saya mengenai beberapa kegiatan yang berhubungan dengan Organisasi, tentu saya tidak akan kesulitan untuk menerangkannya. Dan saya benar-benar merasakan menjadi mahasiswa yang gaul dengan berbagai perkembangan kondisi yang ada. Kemudian saat-saat yang berkesan adalah ketika menjadi pemberi informasi kepada mahasiswa baru, salah satu bentuknya adalah menjadi interviewer. Tentu modal pertama yang harus dimiliki adalah tahu berbagai informasi yang harus disampaikan kepada mahasiswa baru tsb. Rasanya menyenangkan sekali bisa menyampaikan informasi yang berguna kepada orang lain. Coba saja sendiri kalau sangat percaya. 


2. Jaringan Luas 
Banyak teman banyak rezeki. Itu pepatah yang pernah saya dengar entah dari mana. Walaupun begitu, relevansinya sangat kuat sekali. Bahkan dalam buku-buku cara berbisnis, jaringan atau relasi begitu sering dibahas karena hal tersebut salah satu hal yang vital dalam mencapai kesuksesan. Hal tersebut bisa saya rasakan dengan sangat nyata ketika saya masuk Organisasi. Bertemu dengan orang-orang hebat setiap harinya merupakan suatu rutinitas yang tidak bisa dihindari. Baik orang-orang hebat yang sudah kelihatan hebatnya maupun orang hebat yang masih malu-malu untuk memunculkan kehebatannya. 


3. Memori berharga 
Hal terakhir yang berkesan ialah adanya suatu bekas yang dihasilkan dari kita berorganisasi seperti karya visual kita, prestasi, dan foto. Semuanya itu akan memberikan efek psikologis jika kita mencoba mengingat-ingat kembali peristiwa-peristiwa yang terjadi pada saat itu. Yang paling sering digunakan dalam flashback oleh orang indonesia adalah foto. Jika kita memandangnya dan mencoba memutar kembali kenangan yang telah terukir didalam frame otak kita, maka terkadang gambar tersebut akan membuat kita untuk re-expresi, mengekspresikan ulang kejadian tersebut. Bisa dengan tersenyum, tertawa atau bahkan rindu.


Jadi itulah beberapa kesan yang saya dapat dari berorganisasi, sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari berorganisasi, dan menurut saya berorganisasi itu intinya mewujudkan tujuan bersama melalui peran kita masing-masing, dan pengertian ini sangat luas pemakaiannya. Organisasi bisa terjadi dimana saja dan dengan siapa saja misal orang tua dan anak, suami dan istri, guru dan murid, manusia dengan alam dll. Atau bahkan kita dengan Tuhan kita juga sedang berorganisasi? Peran kita yang harus selalu berusaha maksimal dan Tuhan yang menentukan hasilnya...


ini sedikit paparan saya, dan saya mau membaginya untuk kamu yang mau terinspirasi. Salam KOMBUN.

sumber: wikipedia.com/pengertian organ.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vaksin R081442

Tak ada kata terlambat untuk memulai :)  Malam ini, 8 Ramadhan 1442 atau 20 April 2021 pukul 00.00 aku memulai sesuatu yang lama aku lupakan;  yakni  menulis.  Terakhir kali aku menulis, saat aku masih di Turki,  ketika sedang berkutat dengan hafalan-hafalan kitab klasik nahwu dan sharaf dalam rangka menempuh pendidikan informal yang diselesaikan selama 2 tahun lebih 8 bulan. Saat itu aku menulis mengenai hal-hal yang menjadi keresahan dalam benakku yang aku beri judul "Sampah". Kenapa sampah?  Karena keresahan tersebut ku pikir tidak ada gunanya ketika ditulis. Tapi ku berharap di masa yang akan datang, aku bisa mengambil beberapa pelajaran ataupun bisa memutar kenangan yang mungkin bisa memberikan  trigger  untuk melakukan perbuatan positif yang produktif.  Malam ini aku membaca koran republika yg tanggalnya aku sendiri lupa 😅. Dalam koran tersebut ada beberapa tajuk yang menarik yakni mengenai tokoh Fariduddin Attar seorang penyair kelahiran kota Nisaphur /Naisabur, Iran.

1

Hai kamu.. Gimana kabarnya sehat kah? Sehat memang salah satu nikmat yang kadang manfaatnya baru kita rasakan jikalau kita sakit, jadi yuk jangan lupa bersyukur atas kesehatan kita sampai hari ini. Di indonesia masih musim hujan ya? Eh maksudnya yang bagian pulau jawa. Enak dong bisa menikmati gurihnya makan mendoan dengan ditemani harumnya aroma secangkir kopi hangat, pasti kerasa banget kan kenikmatan suasana hujan itu. Apalagi kalau ditambah dengan berkumpul bersama sahabat, keluarga atau orang tercinta pasti momen hujan akan membuat semuanya menjadi lebih hangat. Apakah kamu masih suka pergi ke sekolah untuk bertemu dengan anak-anak kecil yang selalu membuat mu melupakan setiap keletihanmu, walaupun kamu masih menjadi guru honorer dengan gaji yang pas-pasan, lalu masihkah kamu mendiskusikan para petani dan nelayan yang hidupnya tak kunjung sejahtera padahal lahan dan lautan masih luas, atau masih seeingkah kau mengobrol dengan kawanmu tentang permasalahan SARA yang tidak ada hab