Langsung ke konten utama

Diantara orang tidur

Ah, malam ini aku akan memulai lagi, menulis kata demi kata untuk menuangkan isi dari wadah ini. Walaupun keadaan di sekitarku masih sepi.

Pukul 1.33 pagi aku masih menyendiri di antara puluhan mahasiswa di sebuah asrama pondok pesantren. Dikatakan asrama karena ini adalah tempat penginapan bagi sekelompok mahasiswa yang paginya kuliah di kampus, lalu jika dikatakan pondok pesantren ya, karena di sini kami diajari tentang Al-qur'an dan kitab-kitab salaf. Ini adalah waktunya untuk tidur, tapi kenapa aku masih menuliskan kata-kata yang tak tahu ada manfaat atau tidaknya dalam kalimat ini. Namun aku hanya menuruti keinginan hati. Tapi aku tak berani jamin kalau saat ini hati yang menuntun, karena hari ini kita kadang menyamakan hati dan ego kita.

Ruang tidur disini ada 18 tempat tidur tingkat dua, jadi ada 2 kasur atas dan bawah. jika terisi semua berarti ada 36 orang. Ini sudah cukup untuk membuat sebuah tim paduan suara dengkuran yang bisa diberangkatkan olimpiade bulan ini. Tapi walaupun terdengar ramai tetap saja hanya aku yang terbangun, jadi aku merasa sepi.

Mungkin itu juga yang dirasakan ketika orang-orang di zaman ini mulai cuek dengan keadaan sekitar, sibuk dengan yang bersifat maya, rela menghabiskan waktu saat berkumpul bersama teman dengan masing-masing bermain smartphone. Masing-masing asyik dengan dunianya sendiri, seperti orang tidur. Orang tidur akan asyik dengan khayalan mimpinya walaupun di dekatnya ada orang yang minta tolong pasti akan dibiarkan, bahkan jika terjadi kebakaran ataupun bencana alam, orang tersebut tidak akan melakukan apapun untuk menyelamatkan dirinya. Kecuali orang yang tidur itu terbangun atau dibangunkan, maka lain lagi ceritanya. Dengan merebaknya sikap acuh tak acuh, kita tidak bisa menyalahkan teknologi yang berkembang pesat saat ini, jika kita belum bisa membangunkan orang lain paling tidak, kita tidak ikut larut dalam kenikmatan yang maya ini. Yakni dengan menggunakan kemajuan teknologi ini dengan bijak untuk kepentingan bersama.

Kembali ku melihat keadaan diri di antara orang-orang tidur ini. Aku berpikir betapa lemahnya manusia yang penuh lalai ini, yang sama sekali tanpa waspada dengan kemungkinan berbagai bahaya yang akan datang. Maka dari itu memang hanya yang tidak tidur yang bisa dikatakan kuat. Siapa lagi jika bukan Tuhan.

Tanpa sadar, perenungan kali ini dibuyarkan oleh salah satu pengurus asrama pondok pesantren yang sedang keliling mencari mahasiswa yang seharusnya jaga malam kali ini. Dan beliau menemukan diriku yang masih terjaga diantara teman-temanku yang tidur. Walhasil aku disuruhlah untuk mencari mahasiswa yang jaga malam pada jam itu. Untung tidak disuruh jaga malam sekalian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vaksin R081442

Tak ada kata terlambat untuk memulai :)  Malam ini, 8 Ramadhan 1442 atau 20 April 2021 pukul 00.00 aku memulai sesuatu yang lama aku lupakan;  yakni  menulis.  Terakhir kali aku menulis, saat aku masih di Turki,  ketika sedang berkutat dengan hafalan-hafalan kitab klasik nahwu dan sharaf dalam rangka menempuh pendidikan informal yang diselesaikan selama 2 tahun lebih 8 bulan. Saat itu aku menulis mengenai hal-hal yang menjadi keresahan dalam benakku yang aku beri judul "Sampah". Kenapa sampah?  Karena keresahan tersebut ku pikir tidak ada gunanya ketika ditulis. Tapi ku berharap di masa yang akan datang, aku bisa mengambil beberapa pelajaran ataupun bisa memutar kenangan yang mungkin bisa memberikan  trigger  untuk melakukan perbuatan positif yang produktif.  Malam ini aku membaca koran republika yg tanggalnya aku sendiri lupa 😅. Dalam koran tersebut ada beberapa tajuk yang menarik yakni mengenai tokoh Fariduddin Attar seorang penyair kelahiran kota Nisaphur /Naisabur, Iran.

1

Hai kamu.. Gimana kabarnya sehat kah? Sehat memang salah satu nikmat yang kadang manfaatnya baru kita rasakan jikalau kita sakit, jadi yuk jangan lupa bersyukur atas kesehatan kita sampai hari ini. Di indonesia masih musim hujan ya? Eh maksudnya yang bagian pulau jawa. Enak dong bisa menikmati gurihnya makan mendoan dengan ditemani harumnya aroma secangkir kopi hangat, pasti kerasa banget kan kenikmatan suasana hujan itu. Apalagi kalau ditambah dengan berkumpul bersama sahabat, keluarga atau orang tercinta pasti momen hujan akan membuat semuanya menjadi lebih hangat. Apakah kamu masih suka pergi ke sekolah untuk bertemu dengan anak-anak kecil yang selalu membuat mu melupakan setiap keletihanmu, walaupun kamu masih menjadi guru honorer dengan gaji yang pas-pasan, lalu masihkah kamu mendiskusikan para petani dan nelayan yang hidupnya tak kunjung sejahtera padahal lahan dan lautan masih luas, atau masih seeingkah kau mengobrol dengan kawanmu tentang permasalahan SARA yang tidak ada hab