Langsung ke konten utama

Ekopers Curcol

Assalamu’alaikum .... mpok, abang yang gua banggain, gimane kabarnye nih..

Udah lame gak nyapa nih, buat pertemuan kali ni gue cuma mau ngomongin tentang temen hidup gue yang namanya Amin, yang lagi ngerjain tugas akhirnye. Gue sebagai temen yang udah nemenin dia semenjak lahir, temen yang berada satu raga dengan dia, tahu segala baik buruknya. Disini gue bukan mau ghibah ngomongin kesalahannya dia. Gue Cuma mau sharing aja yang dia pernah curhatin ke gue.

Sekarang ini dia lagi ngerjain tugas akhirnya di kampus bareng temen-temennye. Gue mau nyeritainnye yang di Ekop aje dulu, Pertama ada Oji dan Rita yang udeh berhasil maju sidang skripsi. Selamet buat mereka berdua yang udeh berjuang melawan diri sendiri untuk fokus ngerjain kewajiban akhir sebagai seorang mahasiswa. Mereka berdua juga rajin ke kampus, selain buat pemberkasan, mereka juga ikut bantu-bantu temen yang lain buat ngerjain skripsi, paling nggak ngomporin dengan kalimat “kapan maju sidang?”. 

Walaupun terlihat sederhana, kalimat ini bisa mengubah nafsu makan seseorang dari yang tadinya laper jadi gak laper lagi, dari yang tadinya asyik maen tiba-tiba jadi spaneng, makanya ini termasuk salah satu kalimat yang makruh hukumnya ditanyakan buat 
Mahasiswa tingkat akhir, butuh starategi yang matang untuk mengatakannya. Mungkin buat mahasiswa yang udah jelas ada progres kapan maju sidang, dampaknya positif, yang ditanya akan menjawab “gue sidang besok selasa, doain gue ye”, njawabnya dengan wajah sumringah, secerah ibu-ibu kalo dapet arisan.


Tapi lain halnya bagi mahasiswa akhir yang sedang stuck lagi terkena wabah malesria, demam ganti variabel, atau kena PHP dosen, jika kita menanyakan kalimat yang makruh ini padanya maka dampaknya akan mengubah mood ngobrolnya, bisa juga mengakhiri pertemuannya dengan kita, atau parahnya lagi kita bakal kena jitakan darinya. Dampak terakhir yang dicetak miring plus tebel ini akan berhasil didapat jika kita menambahinya dengan ceramah panjang lebar diikuti dengan adegan menjulurkan lidah, diakhiri dengan ngatain pake nama bapaknya. 

Sebagai temen yang udah ditakdirin selalu bersama sejak lahir, gue kadang merasa capek juga harus gonta-ganti shift dengan Amin. Waktunya gak tentu lagi, se-enaknya dengkul dia. Kadang gue mikir kenapa gak coba buat nyari tubuh lain aja. Tapi gak bisa ding, udah diatur. Kadang gue juga harus ikut bantuin bikin Bab 2 atau Bab 4 nya. Atau gantiin pas sidang, kan bingung gue kalo gak ada persiapan. 

Eh temen Amin lainnya, juga banyak yang udah SHP kemaren ada Tria, Mute, Oki, Elia, Endah, Via, Eva, DK, Liana, Ririn dan Silvi dan akan maju sidang secepatnya. Katanya. Yang terakhir mau maju SHP ada Amin cewe. Ya, ini semua adalah bagian dari perjuangan bagi para mahasiswa tingkat akhir yang ingin segera melangkah menuju kehidupan yang sebenarnya. 

Kehidupan yang akan kita tulis dengan tinta perjuangan, kehidupan yang lebih kompleks dengan berbagai rasa. Ada kesedihan, kelucuan, ketakutan dan kebahagiaan. Yah, kehidupan yang sebenarnya tidak sesimpel kehidupan di kampus. Di kelas Amin, ada beberapa prototype yang telah lebih dulu merasakan the real of life. Diantaranya ada Iqbal, Desta, Sohib, Sidik, Arif, Niko. Cewenya ada Thoyyibah, Tari, Uum, Finsa, Linda, Indah, Nabila, Stefi. Setelah menjadi “Orang setengah matang”, mereka yang terlebih dahulu akan menceritakan pengalamannya kepada Amin dkk, termasuk gue, mengenai kehidupan di luar sana. Masing-masing dari mereka pasti akan mendapatkan sesuatu baru yang mematangkan dirinya. Dan proses kehidupan berikutnya adalah tinggal meracik segala material yang telah mereka siapkan selama ini. 

Oh iya buat Rilo, Riky, Randy, Firman tetep terus semangat bro, terus semangat juga buat sista-sistanya Eha, Lilah, Niswa, Ganjar, Kika, Ratna dan Ana. Katanya Ekopers juga ketambahan anggota baru yang bernama “Arsya Mizuki Almira”. Anggota baru ini merupakan putri dari Bu Ana yang lahir belum lama ini, kira-kira 11-12 Januari 2016 gitu. Kite doain ya, semoga menjadi anak sholehah yang berguna bagi sesame. 

Jadi masukan kali ini, khususnya yang lagi berjuang nulis skripsi, belajar dan kerjain semaksimal mungkin, banyakin doa, mulailah berkepala batu atau nekad buat sering-sering ketemu dosen. Gue jadi inget penggalan kalimat berasal dari sebuah karya sastra, yang kurang lebih isinya begini, “Setiap bunga akan bermekaran pada musimnya masing-masing” intinya sih, semua butuh moment and prepare.  Buat semuanya, semoga kita menjadi yang terhebat dibidang kita masing-masing dan ingat selalu asas kita “kebersamaan dan kekeluargaan”. Salam Ekopers.    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vaksin R081442

Tak ada kata terlambat untuk memulai :)  Malam ini, 8 Ramadhan 1442 atau 20 April 2021 pukul 00.00 aku memulai sesuatu yang lama aku lupakan;  yakni  menulis.  Terakhir kali aku menulis, saat aku masih di Turki,  ketika sedang berkutat dengan hafalan-hafalan kitab klasik nahwu dan sharaf dalam rangka menempuh pendidikan informal yang diselesaikan selama 2 tahun lebih 8 bulan. Saat itu aku menulis mengenai hal-hal yang menjadi keresahan dalam benakku yang aku beri judul "Sampah". Kenapa sampah?  Karena keresahan tersebut ku pikir tidak ada gunanya ketika ditulis. Tapi ku berharap di masa yang akan datang, aku bisa mengambil beberapa pelajaran ataupun bisa memutar kenangan yang mungkin bisa memberikan  trigger  untuk melakukan perbuatan positif yang produktif.  Malam ini aku membaca koran republika yg tanggalnya aku sendiri lupa 😅. Dalam koran tersebut ada beberapa tajuk yang menarik yakni mengenai tokoh Fariduddin Attar seorang penyair kelahiran kota Nisaphur /Naisabur, Iran.

1

Hai kamu.. Gimana kabarnya sehat kah? Sehat memang salah satu nikmat yang kadang manfaatnya baru kita rasakan jikalau kita sakit, jadi yuk jangan lupa bersyukur atas kesehatan kita sampai hari ini. Di indonesia masih musim hujan ya? Eh maksudnya yang bagian pulau jawa. Enak dong bisa menikmati gurihnya makan mendoan dengan ditemani harumnya aroma secangkir kopi hangat, pasti kerasa banget kan kenikmatan suasana hujan itu. Apalagi kalau ditambah dengan berkumpul bersama sahabat, keluarga atau orang tercinta pasti momen hujan akan membuat semuanya menjadi lebih hangat. Apakah kamu masih suka pergi ke sekolah untuk bertemu dengan anak-anak kecil yang selalu membuat mu melupakan setiap keletihanmu, walaupun kamu masih menjadi guru honorer dengan gaji yang pas-pasan, lalu masihkah kamu mendiskusikan para petani dan nelayan yang hidupnya tak kunjung sejahtera padahal lahan dan lautan masih luas, atau masih seeingkah kau mengobrol dengan kawanmu tentang permasalahan SARA yang tidak ada hab